Laman

Jumat, 04 Januari 2013

Penyebab Maag Kronis




Maag kronis seperti yang kita ketahui terjadi karena peradangan yang berjalan lambat akan tetapi berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Oleh sebab itulah jika Anda memiliki kecenderungan sakit mag yang secara periodik maka adbaiknya pengobatan yang bersifat pencegahan dan penyembuhan harus dilakukan.

Berikut beberapa faktor penyebab maag kronis

Infeksi bakteri 
Dalam lambung kita terdapat mikroorganise Helicobacter pylori (H.pylori) yang hidup dibagian lapisan paling dalam. Hingga sampai saat ini belum bisa diketahui bagaimana bakteri ini bisa berpindah dari satu orang ke orang lain. Sepertinya jalan oral melalui makanan dan minuman adalah salah satu cara bagaimana bakteri ini bisa menyebar.

Infeksi bakteri pylori ini bisa bertahan dalam lambung dalam waktu yang cukup lama jika tidak di terapi. Infeksi dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan terjadinya peradangan yang serius.


Terjadinya refluks cairan empedu
Empedu diperlukan tubuh untuk mengolah lemak. Empedu dihasilkan oleh hati dan kemudian di simpan dalam kantong empedu. Setelah empedu dikeluarkan maka akan masuk kedalam usus halus melalui katup pilorus. Jika katup ini tidak berfugsi baik maka empedu bisa masuk kedalam perut dan menginfeksi lapisan mukosa.


Gastritis autoimun 
Sistem imun di dalam tubuh membuat protein (antibodi) yang berfungsi untuk melawan infeksi. Dalam beberapa kasus antibodi ini bisa salah mengartikan target yang berupa infeksi tapi malah menyerang organ sendiri. Lapisan lambung adalah salah satu daerah yang bisa jadi diserag oleh sistem imun dan menyebabkan terjadinya peradangan.


Penggunaan obat antinyeri
NSAIDs (nonsteroidal antiinflamatory drugs) atau dikenal sebagai obat antiperadangan nonsteroid menyebabkan pengurangan produksi prostaglandin dimana hal ini menyebabkan lapisan mukosa lambung lebih rentan terjadi inflamasi.


Trauma 
Trauma karena seseorang yang telah menjalani operasi pada bagian lambung bisa menyebabkan luka yang bisa meradang.

Kecanduan alkohol
Alkohol bisa menyebabkan iritasi pada lambung

Penggunaan Kokain
Kokain bisa merusak lapisan lambung.

Kemoterapi dan Radioterapi
Kemoterapi dan radioterapi untuk penderita kanker dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada laisan dinding lambung.

Faktor lainnya 
Maag kronis bisa juga disebabkan oleh faktor lain selain faktor diatas yakni  HIV/AIDS, infeksi parasit, kerusakan jaringan lambung, sakit liver atau gagal ginjal.


Untuk melihat bagaimana gejala maag kronis bisa dilihat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar